Rabu, 20 Mei 2009

Bekerja dengan system DAT


Circle system kerja DAT

(Berputar searah jarum jam)

Ketahui problemnya
Menganalisa hasilnya
Pelajari penyebabnya
Cari solusinya
Jalankan solusinya



System kerja DAT (diagnosa Analisa Tujuan)

Kegagalan yang sering terjadi

  1. Kita tidak tahu kalau ada problem, atau tidak mampu melihat adanya problem. karena kita terbawa oleh pekerjaan rutin saja. padahal pekerjaan rutin tersebut, kalau kita analisa akan kita kita ketahui akar permasalahannya dan mungkin dapat kita rubah, sehingga pekerjaan rutin kita menjadi sedikit berkurang. melakukan analisa DAT ini harus menjadi pekerjaan RUTIN kita, sehingga kita benar benar lebih banyak bekerja sebagai problem solver dari pada sebagai pekerja rutin.
  2. Kita tidak tahu akar permasalahannya, sehingga kita tidak mampu mencari penyebab dari problem tersebut, dengan kata lain kita hanya mengetahui kulit masalah tersebut.
  3. Kita sering loncat dari suatu masalah/problem, langsung ke upaya mengatasi masalah tersebut, tanpa meneliti penyebab masalah/problem tersebut, padahal seandainya kita ketahui penyebab masalah tersebut, kita bisa mengantisipasi, agar kelak tidak terulang kembali masalah tersebut.
  4. Seringkali kita hanya melaksanakan suatu action plan di awal saja (setengah-setengah), tidak tuntas, sehingga masalah yang terjadi tidak 100% selesai, hal ini justru suatu saat akan menambah masalah yang mungkin lebih parah.
  5. Penyelesaian masalah yang sudah selesai, terkadang tidak kita analisa, dengan apa, atau bagaimana masalah tersebut teratasi, padahal seandainya kita analisa, penyelesaian masalah tersebut, mungkin bisa kita agendakan sebagai action plan, untuk mengantisipasi, agar masalah tersebut tidak kembali muncul.
  6. DAT tidak dijalankan terus menerus alias angin anginan.


Tidak ada komentar: