Rabu, 20 Mei 2009

Kunci sukses merebut pasar (marketshare)

Hal-hal yang perlu dilakukan untuk merebut pasar, ataupun mempertahankan marketshare yang ada, adalah dengan jalan.

Disiplin distribusi
Ibarat membawa telor dalam satu keranjang besar, lebih aman apabila dibawa dalam beberapa wadah kecil, karena resiko kerusakan akan lebih kecil apabila di pecah mejadi beberapa wadah.
demikian juga dengan area distribusi, lebih aman apabila principle (produsen/pabrik), menyerahkan distribusinya kepada lebih dari 1 distrubutor, dibanding dengan di distribusikan sendiri, atau di serahkan kepada 1 distributor saja. dengan catatan para distributor harus benar benar menjalankan princip distribusi, dan memberikan laporan detail transaksi untuk bahan analisa pasar dan produk.

Kebanyakan perusahaan besar, multinasional, Internasioanal, menyerahkan distribusinya kepada distributor, karena distributor memang dibentuk untuk mendekatkan produk sedekat mungkin kepada konsumen, pada tempat yang tepat, jumlah yang tepat, dan disaat yang tepat. disamping juga menyerahkan distribusi kepada distributor, adalah salah satu bentuk cost saving. Disamping hal tersebut, menyerahkan distribusi kepada "distributor yang tepat", adalah salah satu dari bentuk promosi dalam hal brand image (brand awarnes), produk apapun yang telah menyebar dimana mana, selalu mengusik minat konsumen untuk membeli.

untuk wilayah dalam kota memang masih bisa di cover secara direct, tetapi tetap saja, prinsip disiplin distribusi harus dilakukan, yaitu dengan cara

  1. Lakukan kontrol customer record card (CRC), dengan CRC, salesman dapat mengontrol stok dan pergerakan produknya yang ada di outlet, semakin bertambah ataukah semakin berkurang item yang masuk outlet tersebut, pada ujungnya juga bisa mengntrol perkembangan omzet baik secara value maupun kuantity semua outlet yang di cover oleh masing 2 salesman.
  2. Fix journal Plan, salesman harus memiliki fix journal plan untuk mengcover area dan outlet masing 2.
  3. Tempel ketat kompetitor, dimana ada kompetitor, disana produk kita harus bisa masuk, bagaimanapun caranya. untuk membantu hal ini harus di bentuk team spreading dan team modern market (ini di perlukan sebagai sarana promosi). Team modern market terdiri atas salesman modern market dan merchandising (MD).
  4. Lakukan promosi di segala bidang, mulai dari bawah sampai atas , dalam artian masuk ke semua segmen pasar, mulai dari retail, grosir, sampai dengan Modern market, yang nota bene dibutuhkan untuk promosi, karena dalam perkembangannya, konsumen saat ini, untuk kalangan menengah keatas, ada semacam tabiat yang lebih suka belanja di mall mall dari pada di pasar (sambil shoping).
Customer record card harus di serahkan oleh salesman kepada supervisor, lengkap dengan copy faktur kanvas atau surat pesanan salesman setiap hari, hal ini untuk mengontrol kinerja salesman, juga perkembangan registrasi item produk di outlet, dan registrasi outlet yang di cover oleh salesman yang bersangkutan.
Salesman harus mengikuti fix journal plan yang dia buat sendiri, hal ini agar terjadi perkembangan outlet coverage salesman, dan hubungan dengan outlet semakin terjaga, karena rutinitas salesman (kunjungan tepat waktu), ini berhubungan dengan Time teritorial management (cara mengatur waktu kunjungan dengan se efektif mungkin)
Pada intinya, dimana ada kompetitor, seharusnya produk kita bisa masuk, Avibility produk untuk mengetahui ada atau tidaknya kompetitor di semua outlet, di butuhkan team MD dan spreading, MD bertugas untuk menata display produk, (suatu produk yang tertata rapi dalam jumlah yang cukup, selalu menarik perhatian komsumen untuk membeli)/visibility produk, dan apabila di suatu outlet, terdapat kompetitor, MD harus mendata outlet dan alamat toko tersebut, laporkan kepada supervisor, untuk di teruskan kepada salesman yang mengcover area tersebut.
Spreading bertugas untuk mengisi outlet2 kecil yang mungkin tidak bisa terjangkau oleh salesman regular, disamping juga salesman spreading ini di perlukan apabila ada produk baru yang dalam waktu cepat harus sudah masuk ke toko toko kecil. (salesman regular selalu mendahulukan menjual produk yg sudah laku, daripada produk baru).

Relationsship
Hubungan baik di semua store, (tradisonal maupun Moden market) dengan bagian/departement terkait, untuk mendapatkan hasil berupa display dan order.

Teamwork
Tak kalah pentingnya adalah teamwork, kerjasama secara internal dengan semua bagian terkait dalam tubuh badan usaha atau distributor (kerja sama antar bagian).

Tidak ada komentar: